Sedang Membaca
Ulama Banjar (13): KH. Abdul Hamid
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (13): KH. Abdul Hamid

Kh. Abdul Hamid Png

(L. 1896)

Tuan Guru Abdul Hamid lahir di Sungai Banar pada tahun 1896. Selagi muda berguru pada Tuan Guru Ahmad Khatib, kemudian berangkat ke Mekkah untuk berhaji dan menuntut ilmu di sana.

Beliau sangat cerdas dan rajin belajar. Setelah beberapa tahun belajar, beliau sudah menguasai ilmu pengetahuan yang luas terutama berkenaan dengan hadis. Beliau diangkat sebagai guru dan ditugasi mengajar ilmu hadis di Masjidil Haram. Diantara ulama terkenal yang pernah berguru kepada beliau selagi di Mekkah adalah KH. Abdul Karim Al-Banjari dari Kandangan dan KH. Mahfudz Amin (Pendiri Pondok Pesantren Ibnul Amin dari Pemangkih) Barabai.

Pada tahun 1935, beliau kembali ke Sungai Banar dan membuka pengajian agama di Masjid Jami’ Sungai Banar dan di rumah beliau sendiri. Selain itu beliau juga aktif mengadakan ceramah ke berbagai daerah. Murid-murid beliau berasal dari dalam dan luar daerah.

Tuan Guru ini sangat khusyu’ dalam beribadah dan i’tikaf di Masjid Jami’ Sungai Banar. Ada beberapa kejadian aneh yang dipandang sebagai karamah beliau. Pada suatu malam menjelang akhir bulan Ramadhan, ketika beliau sedang i’tikaf di Masjid, orang melihat tubuh beliau terangkat dari sajadah dan tetap dalam keadaan bersila .Selain itu pernah terjadi ketika beliau naik perahu menuju tempat pengajian. Pada waktu turun hujan lebat, badan beliau tidak terkena air hujan hingga sampai ke tempat tujuan.

Baca juga:  Jejak Nadia Murad, Aktivis Hak Asasi Perempuan dari Irak

Pada tahun 1939 Tuan Guru Abdul Hamid berangkat ke Malaysia dan mengajar di sana selama dua tahun. Kemudian terus ke Mekkah lagi dan kembali mengajar di Masjidil Haram sampai meninggal dunia pada tahun 1951 dan dimakamkan di Mu’ala.

Anak beliau H. Muhammad Arsyad sewaktu kanak-kanak sempat tinggal di Sungai Banar dan berteman dengan H. Ahmad Makkie. Beliau tinggal di Ja’ranah Mekkah dan bekerja sebagai pegawai kerajaan Saudi Arabia (Departemen Pendidikan).

Yusni Antemas seorang pemerhati sejarah dan penulis dalam sebuah bukunya menulis peristiwa penting yang dialami oleh Tuan Guru Abdul Hamid, yaitu ketika seorang perwira Belanda hendak memasuki rumah beliau, perwira itu diusir oleh beliau.

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
1
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top