Sedang Membaca
Keistimewaan dan Keutamaan Surah al-Fatihah
Nur Hasan
Penulis Kolom

Mahasiswa Islamic Studies International University of Africa, Republic Sudan, 2017. Sekarang tinggal di Pati, Jawa Tengah.

Keistimewaan dan Keutamaan Surah al-Fatihah

Al-Fatihah adalah nama surah pertama dalam Alquran, sekaligus induk atau ibunya Alquran (Ummul Qur’an). Selain itu, surah al-Fatihah merupakan surah yang mempunyai banyak keistimewaan. Tulisan itu akan sedikit mengulas keistimewaan al-Fatihah. Kenapa surat ini istimewa?

Karena disebutkan oleh Allah Swt dari ayat-ayat Alquran yang lain, sebagai  Assab’ul Matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang). Maksud dari kata Assab’ul Matsani adalah bahwa surah al-Fatihah yang jumlah ayatnya tujuh tersebut diucapkan berulang-ulang oleh kaum muslimin, dalam sehari semalam minimal sebanyak 17 kali bacaan sesuai dengan jumlah rakaat salat wajib.

Surah yang termasuk ke dalam surah Makiyah ini (diturunkan di Makkah) terdiri dari tujuh ayat. Namun ada ulama yang berbeda pendapat, yang mengatakan jumlah ayat dalam surah al-Fatihah hanya enam, yaitu Imam Malik. Mereka yang berpendapat bahwa ayat surah Al-Fatihah hanya enam, tidak memasukkan basmalah bagian dari surah tersebut. Adapun yang mengatakan surah al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat, kebalikan dari pendapat yang pertama tadi yang diwakili oleh Imam asy-Syafi’i.

Jumlah huruf yang ada dalam surah al-Fatihah adalah 139 huruf, yang terangkai dalam 25 kata. Adapun unsur-unsur pokok yang terdapat dalam al-Fatihah adalah cerminan dari isi Alquran, sebagaimana al-Fatihah yang menjadi inti dari Alquran. Beberapa unsur pokok tersebut adalah tentang keimanan, hukum dan kisah-kisah.

Selain dinamai al-Fatihah, surah ini juga mempunyai nama-nama lain seperti Ummul Kitab (induk kitab), Assab’ul al-Matsani (tujuh yang diulang), Al-Wafiyah (yang sempurna), Asy-Syafiyah (yang menyembuhkan), dan Asy-Syifa’ (obat).

Ada banyak rahasia dan keistimewaan surah al-Fatihah, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw;   الفاتحة لما قرئت له (jika kita punya suatu hajat apapun, surah Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut). Dan hal ini tentu saja sudah masyhur dalam tradisi umat Islam, khususnya di kalangan kelompok Aswaja dan para pengikut tasawuf.

Baca juga:  Ikhtiar Kafe Basabasi Menggerakkan Tradisi Literasi

Bahkan Muhyidin Ibnu Arabi, yang terkenal dengan julukan Syeikhul Akbar (sufi agung) dalam kitabnya “al-Qoddasa Allahu wa Sirrahu” mengatakan “barang siapa yang punya maksud, maka sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis salat Maghrib dan sunnahnya, kemudian setelah itu ajukanlah permohonan kepada Allah Swt tentang apa yang kita inginkan”.

Keistimewaan lain dari surah al-Fatihah, yang tidak ada di dalam surah-surah lainnya dalam Alquran, adalah al-Fatihah menjadi syarat sah dan tidak sahnya salat seseorang. Karena surah al-Fatihah adalah rukun dari salat, jadi tidak ada salat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah. Sebagaimana hadis yang diriwatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim.

Selain itu, dalam kitab at-Tib an-Nabawi, dijelaskan juga tentang keistimewaan surah al-Fatihah. Dimana bacaan Al-Fatihah menjadi perantara dalam menyembuhkan penyakit seseorang, dengan ditambah oleh obat-obatan herbal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah saw untuk mengobati dirinya sendiri atau orang lain.

Dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah karya Sayyid Muhammad Saad ibnu Alawi al-Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik ibu Umair mengatakan, “ الكتاب شفاء من كل داءفاتحة   “surah yang menjadi pembuka dalam Alquran adalah obat segala sesuatu, surah tersebut adalah surah al-Fatihah.

Surah al-Fatihah juga setara dengan dengan sepertiga dari Alquran, barangsiapa yang membacanya setara dengan membaca sepertiga dari Alquran.

Baca juga:  Di mana Letak Alquran Zaman Now?

Selain itu, surah al-Fatihah adalah sebaik-baiknya surah dalam Alquran dan juga seistimewa-istimewanya surah dalam Alquran. Keutamaan Al-Fatihah atas surah lain yang ada di dalam Alquran adalah seperti keutamaan Allah Swt atas makhluknya.

Banyak keistimewaan dan keutamaan yang ada di dalam al-Fatihah, baik itu untuk perantara dalam pengobatan, perantara dalam keperluan tertentu atau keperluan supaya cepat mendapatkan jodoh, dan lain sebagainya.

Keutamaan-keutamaan tentang surah al-Fatihah banyak dijelaskan oleh ulama-ulama besar melalui karya-karyanya diberbagai bidang seperti tafsir, tasawuf dan lain sebagainya.

Dan pada hakikatnya setiap surah yang ada di dalam Alquran, mempunyai keistimewaan dan keutamaan masing-masing. Karena Alquran merupakan kalam Allah Swt dan kitab suci umat Islam.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
10
Ingin Tahu
7
Senang
8
Terhibur
4
Terinspirasi
12
Terkejut
1
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top