Sedang Membaca
Mbah Maimoen Zubair Melindungi Anggota PKI dan Memberi Zakat
Alif.ID

Berkeislaman dalam Kebudayaan

Mbah Maimoen Zubair Melindungi Anggota PKI dan Memberi Zakat

Hamzah Sahal

Dalam acara peringatan 40 hari Kiai Maimoen Zubair atau Mbah Moen, Gus Ghofur bercerita tentang ayahadanya yang memiliki banyak pengalaman pekerjaan, dan oleh karena itu memiliki banyak teman.

Dalam satu penggalannya kisahnya, Gus Ghofur mengungkapkan bahwa Mbah Moen melindungi para anggota PKI yang sedang dicari atau diburu pemerintah karena dianggap memberontak.

“Jadi tentara pernah. Hampir dapat pensiun dari TNI pernah. Ngurusi PKI juga pernah..” katau Gus Ghofur di acara yang digelar di Pesantren Leteh, asuhan Kiai Ahmad Mustofa Bisri, beberapa waktu lalu.

Gus Ghofur, pengurus PBNU yang menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Universitas Al Azhar itu mengatakan Ketika pemerintah mencari anggota PKI untuk diekskusi, ayahandanya justru melindunginya dengan menyembunyikan angota partai berlambang palu dan arit itu. “Orangtua saya malah menyembunyikan PKI-PKI itu,” ungkapnya.

Tidak hanya menyelamatkan nyawa anggota PKI, Mbah Moen mendaftar anggota PKI untuk mendapatkan zakat. “Ketika ada zakat-zakat itu ya salah satu yang didaftar itu adalah orang-orang PKI yang teraniaya itu. Oleh karena itu kalau kawannya banyak, bisa dimengerti sebetulnya,” jelas Gus Ghofur.

Baca Juga
Kisah PKI Takut Setan

Baca juga tulisan berjudul Kisah Kiai Saifuddin Amsir dan PKI

 

Baca juga:  Kisah Kiai Saifuddin Amsir dan PKI
Lihat Komentar (1)

Komentari

Scroll To Top