Sedang Membaca
Wasiat Mbah Arwani Kudus untuk Para Santri yang Sedang Belajar Alqur’an

Penulis adalah redaktur pelaksana Alif.id. Bisa disapa melalui akun twitter @autad.

Wasiat Mbah Arwani Kudus untuk Para Santri yang Sedang Belajar Alqur’an

Mbah Arwani Kudus

Menjadi jadwal wajib di pesantren saya, bila habis jama’ah shalat subuh adalah ngaji Alqur’an, sorogan (bin nadhor). Ya, ada juga yang setoran hafalan, bil ghaib. Soal urusan makhraj bacaan Alqur’an, para guru yang mengajar sangat ketat sekali. Secara, para asatidz-nya adalah langsung dari Pondok Yanbu’ul Qur’an Pusat. Pesantren saya memang masih satu naungan dengan Yayasan Arwaniyyah.

Dalam suatu wasiatnya, KH. M. Arwani Amin Said–atau yang akrab disapa Mbah Arwani, berpesan begini:

Aku wekas karo sliramu: wiwit mongso iki sliramu saben-saben deres supoyo tartil. Mergo senajan mung olih setitik nanging tartil iku luwih utama lan manfaat tinimbang olih akeh nanging ora tartil.

Masih panjang sebenarnya wasiat mbah Arwani yang tertulis dalam kartu ngaji itu. Yang intinya, ketika kita ngaji Alqur’an, Mbah Arwani berpesan supaya para santri-santrinya itu membaca Alqur’an dengan tartil, walaupun dapat sedikit. Karena begini, kalau orang yang sudah terbiasa membaca tartil, apabila suatu saat nanti membaca atau ngaji cepat, itu tetap enak didengarnya, jelas. Berbeda dengan yang terbiasa membaca cepat, kemudian disuruh pelan-pelan, tartil, tidak bisa.

Saya sendiri pernah menyimak orang yang sedang khataman Alqur’an, dan disitu saya benar-benar merasakan; mana orang yang terbiasa ngaji secara cepat dan mana yang terbiasa ngaji santai, tartil. Dan, yang terbiasa cepat itu bacaan Alqur’annya tidak karuan, nggak jelas. Jadi dalam hati saya rasan-rasan, “iki ngaji tah nggremeng cah“.

Baca juga:  Tafsir Surah Al-Falaq dan Khasiat Membacanya

Di sinilah yang dimaksud Mbah Arwani, itu berbahaya. Jadi wajar, kalau saya dulu pas ngaji pertama kali di pondok, membaca surat Alfatihah saja bisa berbulan-bulan. Memang sih, jengkel banget, sudah antri lama, tetapi nggak dinaik-naikkan sama guru saya. Namun, sekarang saya baru bisa merasakan atsarnya. Terimakasih Pak guru.

Yang menarik dari wasiatnya Mbah Arwani adalah, “sitiklah nanging tartil“. Sedikitlah tetapi berkualitas. Sitiklah nanging barokah. Sedikit tak masalah yang penting barokah. Wasiat itu seperti pepatah Jawa, alon-alon waton kelakon. Pelan-pelan yang penting sampai. Percuma dapat banyak tetapi tidak bisa manfaati, tetapi malah menjadi laknat. Dan wasiat itu sangat dipegang sungguh-sungguh oleh para santri-santri beliau hingga sekarang.

Saya ada cerita menarik. Pada tahun 2015, sewaktu Muktamar NU di Jombang, kebetulan saya hadir di sana. Sewaktu berkunjung ke pesantren Tambak Beras, saya bertemu kawan saya, kebetulan dia menjaga stand dari toko kitab Mubarokatan Thoyyibah. Di situlah gayeng, ngobrol panjang hingga sampai dia curhat soal hafalan Alqur’an-nya yang belum selesai-selesai.

Dia bercerita, pernah suatu ketika tetangganya itu meminta dia untuk membaca Alqur’an, khataman. Terjadilah dialog. “Mas, kulo nyuwun tulung sampeyan mangke sing ngaos ten griyo kulo,”pinta tetangganya.

Baca juga:  Pengalaman Spiritual Bersama Gus Dur

Terus dia jawab, “nyuwun ngapunten pak, niki qur’an kulo dereng rampung, mungkin mas niku mawon–dengan menunjuk seseorang–sing Alqur’ane sampun rampung.”jawab teman saya.

Wah mboten mas, piyambak e nek ngaji niku mboten enak dirungoake, kecepeten. Kulo mboten nggolek sing cepet lan akeh pikantuk juz-e, mas. Sak tutuk-e mawon, penting sae waosane.”sahut tetangga teman saya tadi.

Dari sini saya mengambil kesimpulan, dimanapun orang berkualitas, walaupun punya skill yang minim, tetapi dia fokus, pasti akan dicari orang.

Terlepas dari itu, saya sendiri salut dengan para penghafal Alqur’an, mereka itu begitu sabar, telaten dalam merawat bacaan Alqur’an-nya. Siang menjadi malam, malam menjadi siang untuk tadarus, demi merawat hafalannya. Semoga kita semua, para santri yang sedang belajar Alqur’an bisa menjalankan wasiat dari guru kita, Simbah Arwani. Aamiin. Lahul faatihah..

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
1
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
3
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top