Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (173): Muallim H.M. Syaukani, Lc

Mesjid Sabilal Dari Tampak

H.M. Syaukani adalah putera dari H. Busran Said dan Hj. Barlian. Dilahirkan di Amuntai, 27 Januari 1955. Bersama dengan isterinya Hj. Siti Maskanah dan empat orang anaknya Hj. Lina Helwaty, Azizah Hasna, Fitria Muntazah, dan H. Sakinul Jinan, tinggal di jalan Rakha RT.III No.2 Desa Pamintangan Amuntai.

Syaukani kecil disekolahkan di taman kanak-kanak dan sekolah Dasar Negeri yang tak jauh dari tempat tinggalnya. Beliau kemudian meneruskan pendidikannya di Normal Islam Rakha di Amuntai. Rupanya perasaan ingin terus menuntut ilmu begitu kuat mendesaknya, maka dengan bermodalkan kemauan ia berangkat ke Saudi Arabia dan belajar di Islamic University Madinah. Dalam kesempatan itulah ia melaksanakan ibadah hajinya yang pertama. Setelah beberapa tahun belajar di kota Madinah, ia kembali ke kampong halamannya dengan menyandang gelar Lc.

Sepulangnya dari Madinah H.M.Syaukani disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar. Dia mengabdikan dirinya menjadi guru di pondok pesantren Rakha Amuntai. Tidak hanya itu, beliau juga diminta menjadi dosen di STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai dan STIQ (Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an) Amuntai. Disamping belajar dibeberapa sekolah, Syaukani juga menyelenggarakan Majelis Ta’lim di rumahnya di desa Pamintangan, mengisi pengajian rutin di Majelis Ta’lim Al-Ma’arif Amuntai dan memimpin Majelis Dzikir Thariqat Naqsabandiyah di Amuntai dan Masjid Raya Amuntai.

Baca juga:  Ulama Banjar (135): KH. M. Rafi’ie Hamdie

H.M.Syaukani, Lc kerap mengisi acara ceramah di berbagai mushalla dan masjid. Beliau juga menjadi khattib Jum’at di beberapa masjid dikota Amuntai dan sekitarnya. Bahkan sering melakukan perjalanan dakwahnya berkeliling ke berbagai daerah di Hulu Sungai Utara dan berdakwah di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Bagi para jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh, H.M.Syaukani dengan senang hati memberikan bimbingan manasik haji, dan lain-lain.

Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top