Sedang Membaca
Sajian Khusus: 100 Tahun Soeharto (1921-2021)
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: 100 Tahun Soeharto (1921-2021)

Whatsapp Image 2021 06 07 At 11.33.08 Pm

“Pak Harto itu jasanya besar lho bagi bangsa ini” demikian pernyataan almarhum KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam sebuah tayangan talk show bersama Andy F Noya (Kick Andy). “Tapi dosanya juga besar.” Lanjut Gus Dur yang disambut dengan gelak tawa audiens yang hadir memenuhi ruangan.

Selama 32 tahun berkuasa sebagai Presiden Republik Indonesia, tentunya banyak prestasi yang ditorehkan oleh Pak Harto, terutama di bidang pembangunan. Namun sayangnya prestasi itu dibarengi dengan problem kemanusiaan dan nir keadilan. Demikian sejarah yang pernah diukirnya.

Di tangan Bandung Mawardi, Sajian Khusus 100 tahun Soeharto edisi ke-69 ini diulas dengan begitu apik. Mulai dari imajinasi anak-anak yang lahir pada era orde baru yang mendambakan menjadi seorang tentara, problem pertanian dan pangan nasional, hingga lingkup keluarga. Seperti gaya khasnya dalam mengulas sejarah para tokoh di Indonesia, ia merujuk dari banyak referensi jadul yang bahkan banyak di antara kita yang belum pernah membaca buku-buku tersebut, ini menarik.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Edisi kali ini kita diingatkan kembali bahwa kita pernah mempunyai pemimpin yang pada waktu itu begitu disegani di mata dunia internasional, sosoknya yang mempunyai latar belakang sebagai tentara yang berwibawa, bahkan juga ditakuti oleh rakyatnya.

Terima kasih Mas Bandung yang sudah menuliskan catatan 100 tahun Pak Harto dalam rangka ulang tahunnya. Terima kasih juga kepada seluruh pembaca Alif.id yang sudah mendukung kami dengan cara membagikan tulisan-tulisan yang kami tayangkan melalui laman Alif.id. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  100 Tahun Soeharto (2): Padi dan Cabai

Akhirul kalam, selamat membaca!

Redaksi.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
1
Senang
0
Terhibur
1
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top