Sedang Membaca
Gus Mus akan Terima Yap Thiam Hien Award
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Gus Mus akan Terima Yap Thiam Hien Award

Gus Mus akan Terima Yap Thiam Hien Award

Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau masyhur dengan nama Gus Mus akan mendapat penghargaan di bidang Hak Asasi Manusia, Yap Thiam Hien Award. Yayasan Pusat Studi Hak Asasi Manusia akan menganugerahkan penghargaan itu dalam satu upacara yang akan berlangsung nanti malam (24 Januari), di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Bagi sebagian kalangan, penghargaan ini mengejutkan karena Gus Mus selama ini tidak terlibat secara langsung ataupun bersuara lantang terkait isu-isu Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Namun, Todung Mulya Lubis, seperti yang dimuat Kompas.com mengatakan lewat karya-karya, sikap-sikapnya, ceramah-ceramahnya mencerminkan bahwa Gus Mus adalah sosok yang turut berjuang dalam penegakan HAM.

“Gus Mus juga telah berjasa memperkuat hak beribadah dalam keyakinan setiap pribadi masing-masing,” kata Todung salah satu juri Yap Thiam Hien.

Dalam catatan alif.id juga Gus Mus terlibat langsung dalam pembelaan-pemebelaan lingkungan, semisal di Gunung Kendeng. Gus Mus datang ke tenda-tenda warga atau menerima mereka di kediamannya, kompleks pesntren Raudlatut Thalibin, Rembang Jawa Tengah.

Gus Mus yang lahir di Rembang 10 Agustus 1944 dijadwalkan langsung menerima pengharagaan tersebut. Tahun 2016, Yap Thiam Hien Award diterima oleh Mama Aleta Baun.

Baca juga:  Ulama NU: Ujaran Kebencian Haram Hukumnya
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top