Sedang Membaca
Dubes Desra Percaya Beri Semangat Awardee Doktor MoRA di Inggris Berkarya untuk Bangsa
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Dubes Desra Percaya Beri Semangat Awardee Doktor MoRA di Inggris Berkarya untuk Bangsa

Whatsapp Image 2022 05 16 At 17.15.12

LONDON–
Duta Besar Indonesia untuk wilayah United Kingdom (UK) dan Irlandia, Desra Percaya PhD, memberi semangat dan melecut 22 orang penerima beasiswa (awardee) Mora 5000 Doktor untuk wilayah UK untuk berkarya bagi bangsa Indonesia. Hal ini disampaiakan Dubes Desa Percaya dalam silaturahmi di gedung KBRI London Jalan Great Peter nomor 30 Westminster, London, Sabtu (14/05/2022).

Agenda ini juga dalam rangka halal bi halal selepas merayakan Idul Fitri 1443 Hijriyah. Didampingi oleh Atase pendidikan dan tim KBRI London, Desra menerima para awardee yang dipimpin oleh koordinator Awardee wilayah UK dan Irlandia Royyan Djayusman di aula KBRI.

Dalam pertemuan tersebut Desra memberikan beberapa tips dan pesan kepada para awardee. Karena menurutnya, tak hanya dirinya pribadi yang menjadi duta atau perwakilan Indonesia di UK tetapi seluruh pelajar dan mahasiswa yang sedang belajar di UK juga merupakan duta bangsa.

Sebagai alumni UK (S2 di Durham dan S3 di Birmingham), Desra paham betul bagaimana lika-liku menjadi mahasiswa di UK. Untuk itu ia memberikan wejangan agar para pelajar dan mahasiswa yang ada di UK
dan Irlandia seyogyanya dapat mempelajari beberapa hal positif yang dapat meningkatkan kemampuan diri mahasiswa. Tips berikutnya dari Desra adalah menjalani studi jenjang PhD membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang prima, sehingga sangat penting untuk menjaga keseimbangan kebugaran fisik dan rohani.

Baca juga:  Menyebar Pesan Damai Melalui Media Digital

Terkhusus pada para awardee Mora 5000 Doktor. Desra berpesan agar sedapat mungkin seluruh awardee dapat berperan serta dalam memperkenalkan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim mayoritas dan memperkenalkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.

“Tidak harus jenius untuk dapat menyelesaikan studi PhD, tetapi keseimbangan antara olah fisik dan rohani menjadi faktor yang sangat penting. Pelajari semua hal baik yang ada di sini. Tetapi ingat, jaga juga nilai-nilai yang harus dipertahankan. Misalnya, sebagai seorang muslim, selama saya menjalani studi di UK saya tidak pernah menyentuh alkohol. Dan, tolong perkenalkan Indonesia dan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin,” jelas Desra.

Sementara itu, Royyan dalam laporannya menyampaikan kesiapan para awardee untuk bersinergi dengan pihak KBRI UK untuk menyukseskan berbagai program KBRI dalam rangka memperkenalkan Indonesia di mata masyarakat Eropa secara umum dan masyarakat UK secara khusus. “Kami siap mengambil bagian dalam memperkenalkan Indonesia dan Islam di negara barat ini,” tegas Royyan.

Acara silaturahmi ini kemudian diakhiri dengan acara nonton bareng final piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Chelsea. Pihak KBRI London menyiapkan dua layar lebar dan seperangkat sound system untuk memanjakan para awardee dan staf KBRI London yang menghadiri acara silaturahim tersebut. (*)

Baca juga:  Mengintip Tradisi Yalda di Pelosok Iran

 

Pewarta: Abbas

Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
1
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top