Sedang Membaca
Ibnu Arabi Ngaji kepada Perempuan

Ibnu Arabi Ngaji kepada Perempuan

Husein Muhammad

Ibnu Arabi, adalah sufi dan guru terbesar, (al-Syekh al-Akbar) sepanjang zaman. Kebesarannya diperoleh antara lain dari paling tidak tiga orang perempuan ulama atau ulama perempuan. Ia banyak menimba ilmu dari mereka. Siapa saja perempuan itu?

Pertama, Fakhr an-Nisa. Perempuan ini adalah sufi terkemuka dan idola para ulama laki-laki dan perempuan. Kepadanya, Ibnu Arabi mengaji kitab hadis “Sunan at-Tirmizi” dan kitab hadis lainnya.

Kedua, Qurrah al-Ain. Pertemuannya dengan ulama perempuan ini terjadi ketika Ibnu Arabi tengah asyik tawaf, memutari Ka’bah.

Kata Ibnu Arabi tentang Qurrah al-Ain, “Hubunganku dengannya sangat dekat. Aku mengaji kepadanya. Aku memandang dia seorang perempuan yang sangat kaya pengetahuan ketuhanan.”

Perempuan ketiga adalah Sayyidah Nizham (Lady Nizham). Ia biasa dipanggil “Ain al-Syams” (mata matahari), dan “Syaikhah al-Haramain” (Guru Besar untuk wilayah Makkah dan Madinah). Ibnu Arabi mengatakan:

من العابدات العالمات السائحات الزاهدات شيخة الحرمين

“Ia adalah salah seorang perempuan yang tekun beribadah, perempuan ulama, yang rajin puasa, yang bersahaja dan guru besar di dua tempat suci: Makkah dan Madinah.”

Lalu katanya lagi :

Baca Juga

شمس بين العلماء بستان بين الأدباء

“Ia adalah matahari di antara ulama, taman indah di antara para sastrawan.”

Baca juga:  Emma Poeradiredja, Pelopor Kesetaraan dari Tanah Pasundan

“Wajahnya jelita, tutur bahasanya lembut, otaknya sangat cemerlang, kata-katanya bagai untaian kalung yang gemerlap penuh keindahan dan penampilannya benar-benar anggun. Jika dia bicara semua yang hadir menjadi bisu.”

Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top