Sedang Membaca
Ibnu Arabi Ngaji kepada Perempuan
Husein Muhammad
Penulis Kolom

Pencinta kajian-kajian keislaman, utamanya di bidang ilmu fikih, tema-tema keperempuanan, dan ilmu tasawuf. Menulis beberapa buku, aktif di pelbagai forum kajian, baik nasional ataupun internasional. Tinggal di Pesantren Darut Tauhid, Cirebon, Jawa Barat

Ibnu Arabi Ngaji kepada Perempuan

Ibnu Arabi, adalah sufi dan guru terbesar, (al-Syekh al-Akbar) sepanjang zaman. Kebesarannya diperoleh antara lain dari paling tidak tiga orang perempuan ulama atau ulama perempuan. Ia banyak menimba ilmu dari mereka. Siapa saja perempuan itu?

Pertama, Fakhr an-Nisa. Perempuan ini adalah sufi terkemuka dan idola para ulama laki-laki dan perempuan. Kepadanya, Ibnu Arabi mengaji kitab hadis “Sunan at-Tirmizi” dan kitab hadis lainnya.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Kedua, Qurrah al-Ain. Pertemuannya dengan ulama perempuan ini terjadi ketika Ibnu Arabi tengah asyik tawaf, memutari Ka’bah.

Kata Ibnu Arabi tentang Qurrah al-Ain, “Hubunganku dengannya sangat dekat. Aku mengaji kepadanya. Aku memandang dia seorang perempuan yang sangat kaya pengetahuan ketuhanan.”

Perempuan ketiga adalah Sayyidah Nizham (Lady Nizham). Ia biasa dipanggil “Ain al-Syams” (mata matahari), dan “Syaikhah al-Haramain” (Guru Besar untuk wilayah Makkah dan Madinah). Ibnu Arabi mengatakan:

من العابدات العالمات السائحات الزاهدات شيخة الحرمين

“Ia adalah salah seorang perempuan yang tekun beribadah, perempuan ulama, yang rajin puasa, yang bersahaja dan guru besar di dua tempat suci: Makkah dan Madinah.”

Lalu katanya lagi :

شمس بين العلماء بستان بين الأدباء

“Ia adalah matahari di antara ulama, taman indah di antara para sastrawan.”

“Wajahnya jelita, tutur bahasanya lembut, otaknya sangat cemerlang, kata-katanya bagai untaian kalung yang gemerlap penuh keindahan dan penampilannya benar-benar anggun. Jika dia bicara semua yang hadir menjadi bisu.”

Baca juga:  Merajut Mata Rantai Al-Fadani
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top