Sedang Membaca
Humor Lawas: Gus Dur dan Quraish Shihab “Merendahkan” Islam
Hamzah Sahal
Penulis Kolom

Founder Alif.ID. Menulis dua buku humor; Humor Ngaji Kaum Santri (2004) dan Ulama Bercanda Santri Tertawa (2020), dan buku lainnya

Humor Lawas: Gus Dur dan Quraish Shihab “Merendahkan” Islam

Kita tahu Gus Dur dan Quraish Shihab selalu menjadi bulan-bulanan para pembenci. Keduanya difitnah dengan dengan tuduhan macam-macam. Oleh orang Wahabi, ulama yang sama-sama mengenyam pendidikan di Al-Azhar ini dituduh Syiah.

Oleh kaum puritan garis keras, Gus Dur dan Quraish Shihab dituduh mencampuradukkan Islam dan dengan Kristen, dengan ajaran lokal, dengan akal sendiri, dan dain-lain.

Oleh para politisi yang gob*** dua tokoh kita ini dituduh terlalu akrab Yahudi, dan antek zionis, tanpa membedakan Yahudi itu apa, zionis itu apa.

Dan ini humor lawasnya, Gus Dur dan Quraish Shihab sama-sama menggunakan kata “bumi” untuk karya-karyanya. Gus Dur dengan “Pribumisasi” Islam-nya. Sementara Quraish Shihab punya karya yang berjudul “Membumikan” Al-Qur’an. Para pembenci itu mengartikan “pribumisasi” dan “membumikan” sama-sama ingin menguburkan atau memendam Islam di bumi. Keduanya dituduh merendahkan Islam.

Lucu tidak? Hahaha..

Baca juga:  Humor Anak-anak dan Tuhannya (2): Rumah Allah dan Mbah Google
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
3
Ingin Tahu
2
Senang
1
Terhibur
15
Terinspirasi
2
Terkejut
5
Lihat Komentar (1)

Komentari

Scroll To Top