Sedang Membaca
Humor Kiai: NU Sudah Ada Sejak Zaman Hindu

Humor Kiai: NU Sudah Ada Sejak Zaman Hindu

Soal politik, orang NU terkenal cerdik. Ketika menjadi partai politik, NU hampir tidak pernah menarik garis yang ekstrem “hitam putih” dalam hal ideologi. Komunikasi politik kepada masyarakat banyak menggunakan pendekatan praktis, enteng-entengan, tidak berbelit-belit.

Rumusan apa pun yang telah ditetapkan dalam platform politik, mengenai program dan aksi politik itu keadaannya akan berubah mengikuti kenyataan di lapangan.

Atas sikap-sikap politik yang seperti ini seringkali NU dituduh sebagai organisasi yang oportunis. Begitu kira-kira lawan-lawan politik NU memberikan semacam tuduhan karena sikap-sikapnya yang tidak tegas. Bahkan, cenderung terlampau menyederhanakan persoalan.

Kesederhanaan ini jugalah yang kemudian membuat Kiai Yasin Yusuf dari Blitar membuat analogi yang lucu saat muktamar NU di Yogya:

“NU itu sudah ada sejak jaman Hindu dahulu,” demikian kira-kira KH. Yasin Yusuf mengungkapkan.

Tentu saja, beberapa orang yang mendengarkan lelucon ini dibikin gerrrr oleh keterangannya itu. Tetapi, kiai kita ini rupanya belus selesai menjelaskan. Maka ia pun kemudian memberikan argumentasi yang lain.

“Sampeyan enggak percaya, tho,” tanya Kiai Yasin, “Wong yang namanya Wisnu (dewa dalam agama Hindu) itu ‘kan anggota NU.”

“Namanya saja, WisNU, artinya Wis NU, sudah NU, to…,” katanya mengakhiri penjelasannya. (Sumber: Tawa Show di Pesantren oleh Akhmad Fikri AF)

Baca juga:  Inilah Kisah Pengemis Kelas Internasional
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
1
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top