Sedang Membaca
3 Sahabat Nabi Ditolong Nenek Tua
Alif.ID

Berkeislaman dalam Kebudayaan

3 Sahabat Nabi Ditolong Nenek Tua

Kholili Kholil

Suatu hari tiga Sahabat Nabi bepergian haji. Mereka adalah Hasan, Husein, dan Jakfar. Di tengah perjalanan mereka kehabisan bekal. Di tengah lapar yang mendera itu mereka tetap bertahan dan terus berjalan hingga mereka berjumpa dengan rumah reot yang dihuni nenek tua.

“Adakah air untuk kami?” ujar para Sahabat Nabi itu. “Aku tidak memiliki apa pun kecuali kambing kecil itu,” timpal si nenek tua. “Kalau kalian mau, peras saja susunya.”

Mereka bertiga pun memeras susu dari kambing kurus itu dan meminumnya. “Apakah engkau punya makanan?” ketiga Sahabat Nabi ini meminta lagi. “Kami sangat kelaparan.”

Karena terdorong rasa iba meskipun berat, nenek tua itu pun mempersilahkan mereka menyembelih kambing itu. “Sembelih saja kambing itu. Aku tidak ada makanan lain. Akan kubuatkan bumbu dan akan kusiapkan makanan kalian.” Mereka bertiga pun menyembelih kambing itu.

Setelah kenyang, mereka pun berpamitan. “Kami bertiga berasal dari Suku Quraisy. Jika kami berhasil pulang ke Madinah dengan selamat, datanglah. Kami akan membalas kebaikanmu.”

Setelah kepergian ketiga orang itu, suami nenek tua itu datang dan menanyakan kambing kecil mereka. Nenek tua itu pun menceritakan kisah di atas. Mendengar cerita istrinya, sang suami kecewa dan menangis karena tak tahu harus makan apa lagi.

Beberapa tahun berselang, nenek tua itu datang ke Madinah untuk bekerja sebagai pembersih kandang hewan ternak. Saat berjalan di jalanan Madinah, Hasan bin Ali yang berdiri di depan rumahnya melihat nenek tua dan mengenalinya. Ia pun memanggil si nenek dan bertanya, “Wahai, nenek tua! Apakah engkau mengenaliku?”

Baca juga:  Ketika Nabi Ibrahim Bertemu Babi

“Tidak,”

“Aku adalah tamumu dulu,” ujar Hasan berusaha mengingatkan nenek itu. “Oh, apakah itu Anda?” Nenek itu pun ingat.

Baca Juga
Organisasi Perempuan Cipayung Dorong Pengesahan RUU Kekerasan Seksual

Akhirnya Hasan membelikan nenek tua seribu ekor kambing dan memberinya uang seribu dirham. Lalu ia mengutus pembantunya agar mengantar nenek ini ke rumah Husein.

Sesampainya di sana, Husein bertanya berapa ekor kambing dan uang yang diberi Hasan. Nenek itu pun menjawab. “Oke, aku beri kau seribu ekor kambing dan seribu dirham juga.” Lalu Husein memerintahkan agar nenek tua diantar ke rumah Jakfar.

Sesampainya di sana, Jakfar bertanya berapa materi yang diberi Hasan dan Husein. Nenek itu pun menjawab. Lalu Jakfar berkata, “Andai kau datang kepadaku lebih dulu, niscaya aku akan menyulitkan mereka berdua.”

Lalu Jakfar memberi nenek tua itu dua ribu ekor kambing dan dua ribu dirham uang. Nenek itu pun pulang ke suaminya membawa harta yang sangat banyak. Demikianlah sekelumit kisah kedermawanan Sahabat Nabi. (Sumber: kitab Tsamratul Awraq karya Al-Hamawi)

Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top