Sedang Membaca
Hakikat Tawaduk
Ahmad Rusdi
Penulis Kolom

Pernah belajar di Ma'had Fath al Islami Damaskus, Guru Ngaji, dan ASN Kementerian Agama RI

Hakikat Tawaduk

quraish

“Orang yang tawaduk itu bukan ia yang ketika merendah (bersikap tawaduk) menganggap dirinya lebih tinggi dari yang dilakukannya. Tetapi, orang yang tawadhu’ adalah orang yang ketika merendah (tawaduk) menganggap dirinya lebih rendah dari yang dilakukannya.”

Demikian terjemah dari ungkapan Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandariy:

ليس المتواضع الذي إذا تواضع رأى أنه فوق ما صنع ولكن المتواضع الذي إذا تواضع رأى أنه دون ما صنع

Ketika saya belajar al-Hikam ini dan kaitannnya dengan kesombongan, Syekh Muhammad Bassam Dhifda’ sambil memegang kitab rujukan Syarh al-Hikam al-Athoiyyah yang dikarang oleh Syekh Abdul Majid asy-Syarnubiy (w.1348H), menjelaskan:

“Bila seseorang ingin dianggap orang lain tawaduk lalu memposisikan dirinya di tempat yang bakal dipandang sebagai orang yang rendah hati, misalnya dalam satu majlis dia memposisikan dirinya di belakang namun dalam hatinya terbersit ‘seharusnya saya di depan bukan disini, di belakang’. Maka Itu bukanlah orang yang tawaduk tapi orang yang sombong. Orang dikatakan tawaduk itu bila dia merasa dan melihat hal keadaannya itu berada di bawah dari apa yang sewajarnya dia kerjakan. Sebagai misal, pada suatu kesempatan di satu majlis dia diposisikaan duduk di depan tapi dia melihat dan merasa bahwa yang wajar buat dirinya itu adalah di belakang bukan di depan. Ini yang namanya tawaduk”.

Baca juga:  Kisah Sufi Unik (30): Ibrahim al-Qirmisini Melanggar Perintah Gurunya

Orang yang tawaduk itu tidak menetapkan sifat tawaduk itu pada dirinya sendiri, karena ia merasa masih banyak ketidakpantasan pada dirinya sehingga dia tidak berani mengaku/merasa sudah tawaduk . Suatu saat Abu Yazid al-Busthomi ditanya:” Kapan orang itu tawaduk?

Beliau menjawab:

اذا لم ير لنفسه مقاما ولا حالا, ولا يرى أن في الخلق من هو شر منه

“jika sudah tidak merasa ada kedudukan dan kemuliaan pada dirinya,dan dia tidak melihat makhluk (orang) lain itu lebih jelek/hina daripada dirinya.” (asy-Syaikh Hazim Abu Ghozalah, al-Durar al-Ghazaliyah syarh al-Hikam al-Athoiyyah, hal. 155/ hikam nomor 234).

Tawaduk merupakan hasil dari perjuangan lahiriah dan batiniah kita dalam menghadapi nafsu agar jangan sampai sombong dan takabur. Karena nafsu yang ada pada diri kita, mengajak dan menghendaki ketinggian diri yang berakibat merendahkan orang lain, sedangkan hati nurani kita justru menghendaki sebaliknya.

Jadi tawaduk itu lahir dari dalam diri kita dan memang sudah tabiat kita, sudah pembawaan batin kita –bukan dibuat-buat agar dikatakan tawaduk– sebagai akibat pemahaman kita yang mendalam tentang keimanan dan keagungan Allah.

الُتواضعُ الحقيقيُّ هُوَ ماكانَ ناَشِـئا عن شهود عظمةِ وَتجلّىِ صِفتهِ

“Tawaduk yang sejati(hakiki) ialah yang muncul karena melihat/memperhatikan keagungan Allah dan terbukanya sifat-sifat Alloh (pada makhluk-Nya).”

Baca juga:  Sabilus Salikin (90): Wirid-wirid Suhrawardiyah (1)

Jadi tawaduk yang sejati/hakiki itu yang muncul sebab melihat / menyaksikan keagungan Allah dan terbuka (tajalli)nya dzat dan sifat-Nya. Ketika seseorang sudah melihat dan menyadari keagungan Alloh maka hilanglah sifat-sifat nafsunya. Dalam konteks inilah Imam Dzun nun al-Mishriy mengatakan:

من اراد التواضع فليوجه نفسه الى عظمة الله تعالى, فانها تذوب و تصغر, و من نظر الى سلطان اللله تعالى ذهب عنه سلطان نفسه لأن النفوس كلها ذليلة عند هيبته

“Siapa yang menginginkan tawaduk maka hendaknya dia menghadapkan nafsunya kepada kebesaran Allah dan keagungan-Nya, dan nafsunya akan meleleh dan melemah/hina. Dan siapa yang melihat kekuasaan Allah, maka akan hilanglah kekuasaan nafsunya, karena segala macam nafsu begitu hina bila dihadapkan dengan keagungan Allah Swt” ( asy-Syaikh Hazim Abu Ghozalah, al-Durar al-Ghazaliyah syarh al-Hikam al-Athoiyyah, hal. 156/ hikam nomor 236)

Namun yang perlu difahami juga tawaduk bukan berarti kita merendahkan diri dihadapan orang lain sehingga kita dihina dan dilecehkan, tawaduk juga bukan kita memandang tinggi diri kita sehingga merendahkan orang lain dan melecehkannya. Islam mengajarkan ummatnya agar memiliki ‘izzah dan martabat diri. Dan tawaduk salah satu sifat yang membuat diri kita memiliki ‘izzah dan martabat diri, bukan sebaliknya. Terkait hal ini ada uraian cukup menarik dari syaikh Burhanuddin Ibrahim al-Syadziliy al-Aqshara’I al-Hanafiy (w.709 H):

Baca juga:  Cara Nasruddin Hoja Hadapi Hukum Bid'ah

أقول: التواضع بين الضعة والتكبر. فالضعة أن تكون مهانا وحقك ضائعا، والتكبر أن يكون غيرك بك مهانا وحقه ضائعا، والتواضع أن لا تهان ولا يهان بك غيرك، ولا يضيع حقك ولا يضيع بك حق غيرك

“Aku katakan: ketawadukan itu berada diantara kerendahan dan ketakaburan. Kerendahan itu adalah kamu menjadi hina dan hakmu terlantar. Sementara takabur adalah kamu menjadi sebab atas kehinaan orang lain dan hak orang lain tersebut terlantar karena kamu. Sedangkan ketawadhuan itu adalah kamu tidak menjadi hina dan orang lain tidak menjadi hina karena kamu; hak kamu tidak terlantar dan hak orang lain tidak terlantar karena kamu,” ( Ihkamul Hikam Fi Syarh al-Hikam al-‘Athoiyyah, pada fasal penjelasan matan “Man Atsbata Linafsihi Tawadhu’an…”).

Wallahu a’lam

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
1
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top